Categories
Data

UU Cipta Kerja disambut positif kalangan pengusaha dan demonstrasi dari buruh

Reporter: Ratih Waseso, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Kalangan pengusaha menyambut gembira lahirnya Undang-Undang Membuat Kerja. Sebaliknya kalangan buruh menentang dan melakukan demonstrasi karena dinilai lebih banyak merugikan buruh dan menguntungkan pengusaha.

Reporter: Ratih Waseso, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Kalangan pengusaha menyambut gembira lahirnya Undang-Undang Cipta Kerja. Sebaliknya kalangan buruh menolak dan melakukan demonstrasi karena dinilai lebih banyak merugikan buruh dan menguntungkan pengusaha.

Kepala Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, respons bahan investor setelah adanya UU membikin kerja terbilang positif.

“Kalau yang kami terima rata-rata menyambut secara baik ya. Teman-teman dari Amerika, Jepang, Korea ke Apindo sungguh, saya nggak tau kalau ke Kadin pasti lebih banyak lagi, itu yang sudah memberikan congratulations moga tidak banyak berubah dari ekspektasi mereka, ” kata Hariyadi saat konferensi pers, Kamis (15/10).

Walaupun begitu, lanjut Hariyadi, bukan bermanfaat setelah di tandatangan presiden semrawut investor akan langsung datang. Bakal tetapi butuh proses dan situasi ini juga akan bergantung di penanganan pandemi di Indonesia.

Baca Juga: UU Cipta Kerja dikhawatirkan menciptakan sumber korupsi baru

“Tapi kita yakini InsyaAllah akan masuk. Yang paling banyak kita harapkan masuk itu penuh karya ya, ” kata dia.

Ketua Umum Kamar Dagang serta Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan, pihaknya secara regular menjalin komunikasi dengan calon investor maupun dengan kedutaan besar negeri bersangkutan.

“Jadi responsnya mereka meyakinkan, ” ucap dia.

Rosan membicarakan, salah satu perhatian calon investor terkait pengaturan Amdal. Meski begitu, setelah diberi penjelasan bahwa Amdal terkait keselamatan dan keberlanjutan dunia, calon investor mengerti. “Ini benar direspons secara positif, ” perkataan dia.

Baca Selalu: Perumusan aturan turunan UU Cipta Kerja perlu membawabawa publik

Kepala Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Iwan Setiawan Lukminto mengatakan, sejak diundangkannya UU cipta kerja di dalam 5 Oktober lalu hingga 14 Oktober, market Indeks Harga Bagian Gabungan (IHSG) menyambut positif.

Investor menilai Indonesia menjadi tempat investasi menarik bagi mereka. “Saat itu respon dari market luar pokok terhadap uu cipta kerja. Agenda 5 – 14 ini kenaikan di IHSG lebih dari 5%, ” ujar Iwan.

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah vitalitas kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
OMNIBUS LAW

gong9deng –>