Categories
Data

Tulisan bebas corona jadi syarat wajib bepergian dengan transportasi publik

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA.  Memasuki new normal, beberapa sektor ekonomi mulai dibuka di sejumlah daerah. Kondisi ini tentu membuat meningkatnya aktivitas perjalanan orang di masa pandemi korona. Supaya masyarakat bisa berkegiatan dengan aman, Konglomerasi Tugas Nasional sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan penjelajahan orang…

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Mendatangi new normal, beberapa sektor ekonomi mulai dibuka di sejumlah daerah. Kondisi ini tentu membuat meningkatnya aktivitas perjalanan orang di zaman pandemi korona. Supaya masyarakat bisa berkegiatan dengan aman, Gugus Suruhan Nasional sudah mengeluarkan Surat Informasi Nomor 7 tahun 2020 mengenai kriteria dan persyaratan perjalanan karakter dalam masa adaptasi kebiasaan segar menuju masyarakat produktif dan tenang Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut ada poin yang menjadi fokus perhatian banyak warga, yakni zaman bepergian ke luar kota dengan masih dalam koridor di dalam negeri. Rupanya, masyarakat sudah diperbolehkan untuk bepergian ke luar kota. Baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Baca Juga: Jelang new normal, terjadi rekor tambahan postif corona sebanyak 993 orang

Untuk bisa bepergian, setiap invidivu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, berangkat dari pakai masker, jaga jangka dan cuci tangan.

Baca Juga: Ridwan Kamil perpanjang PSBB di Bodebek hingga 2 Juli

Khusus untuk individu yang melakukan perjalanan dengan kendaraan awak, maka bertanggung jawab terhadap kesehatan masing-masing dan tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, untuk warga dengan ingin bepergian ke luar kota atau daerah dengan menggunakan moda transportasi umum juga mulai diperbolehkan. Baik itu dengan transportasi umum darat, kereta api, transportasi bahar hingga udara. Namun untuk mampu bepergian, ada syarat khusus dengan wajib disertakan oleh setiap karakter,   yakni surat bebas corona, selain tentunya identitas pribadi.

Yakni dengan menunjukkan surat keterangan tes PCR dengan hasil negatif dan yang berlaku 7 keadaan, atau surat keterangan hasil tes rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga keadaan saat keberangkatan.  

Tapi persyaratan tersebut tidak diperlukan saat orang melakukan perjalan dengan memakai gerobak komuter dan sejenisnya di pada satu wilayah.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat saya untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai derma yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
NEW NORMAL

gong13deng –>