Categories
Data

Telkomsel fokus dalam mempersiapkan opsi pengguna pita frekuensi dua, 3 Ghz

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo. KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Eksekutif Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menyatakan pihaknya fokus menyiapkan diri untuk mengikuti tingkatan berikutnya dalam rangkaian metode seleksi yang masih berlaku dalam seleksi pengguna pita frekuensi radio 2, 3 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menyatakan pihaknya pokok mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan berikutnya dalam susunan proses seleksi yang sedang berjalan dalam seleksi pengguna pita frekuensi radio dua, 3 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi & Informatika RI.

“Kami optimis dapat menjalankan seluruh tahapan proses seleksi secara baik, sesuai aturan dengan berlaku, dan berharap bisa meraih hasil yang ideal bagi perusahaan dan segenap pemangku kepentingan, ” ujarnya saat dihubungi Kontan, Senin (19/5).

Ia melanjutkan, kontribusi dalam proses seleksi pengguna pita frekuensi radio dua, 3 GHz merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel di dalam memperkuat pengembangan layanan telekomunikasi berbasis digital.

Pihaknya meyakini, kegiatan tersebut memerlukan gelaran konektifitas jaringan broadband berteknologi terdepan serta ketersediaan alokasi frekuensi yang mencukupi, seiring dengan semakin cepatnya adopsi layanan digital di dalam keseharian masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, pihaknya belum berkenan membuka besaran investasi dan ekspansi yang akan dilakukan dalam pengembangan frekuensi radio 2, 3 GHz.

Baca Juga: Akhirnya Lelang Frekuensi 5G Digelar, Tiga Operator Itu Keluar Sebagai Pemenang

Tatkala itu, dalam pengembangan 5G di Telkomsel, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin menambahkan, pihaknya pula tengah mempersiapkan implementasi teknologi jaringan 5G yang bakal membuka lebih banyak jalan bagi masyarakat, industri, serta negara.

Ia melanjutkan, dalam penggelaran jaringan, Telkomsel senantiasa mengedepankan kualitas serta keberlangsungan layanan yang diberikan kepada pelanggan melalui implementasi berbagai teknologi dalam jaringan bergerak seluler, sehingga apapun teknologi yang akan diimplementasikan, Telkomsel akan senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan dengan prima kepada pelanggan.

Telkomsel sendiri akan memakai syarat standar IMT-2020 untuk standar teknologi 5G tersebut.

“Standar IMT-2020 dengan dikeluarkan oleh ITU, sehingga Telkomsel akan menggunakan standard yang dikeluarkan oleh ITU tersebut, sebagai organisasi universal yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio global dan telekomunikasi, ” ujarnya.

Denny melanjutkan, sesuai dengan Izin Pita Saluran Radio yang dialokasikan & ditetapkan, Telkomsel memiliki persetujuan pada pita frekuensi 800/ 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, dan 2300 MHz.

“Salah utama tantangan utama implementasi teknologi 5G adalah ketersediaan spektrum frekuensi dengan lebar ban yang cukup, di mana saat ini pita frekuensi yang tersedia belum sempurna untuk mencapai performansi suntuk dan masih digunakan untuk implementasi teknologi lain bagaikan 4G atau sektor asing. Sehingga Telkomsel akan senantiasa mendukung program pemerintah untuk terus menyediakan alokasi saluran yang memadai untuk pelaksanaan teknologi 5G, baik frekuensi low band, mid band, maupun high band , ” tutupnya.

 

DANA, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
PABRIK TELEKOMUNIKASI

gong9deng –>