Categories
Data

Soal rencana revisi UU BI, demikian ini komentar Menkeu Sri Mulyani

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Rencana merevisi Undang-Undang Bank Nusantara (BI) menuai sorotan karena kira-kira poinnya akan mengutak-atik independensi BI dalam membuat kebijakan moneter. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengutarakan, pemerintah hingga saat ini belum membahas soal revisi Undang-Undang (RUU) Bank Indonesia (BI) tersebut.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA . Rencana merevisi Undang-Undang Bank Indonesia (BI) menuai pancaran karena beberapa poinnya akan mengutak-atik independensi BI dalam membuat kebijaksanaan moneter. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah hingga zaman ini belum membahas soal perbaikan Undang-Undang (RUU) Bank Indonesia (BI) tersebut.

“Mengenai revisi UU tentang Bank Indonesia yang merupakan gagasan DPR, pemerintah belum membahas tenggat saat ini, ” ujarnya, Jumat (4/9) via video conference.

Sri Mulyani menjelaskan, dengan jelas Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menekankan kalau posisi kebijakan moneter kudu tetap kredibel, efektif, serta mandiri.

Pemerintah juga akan berjalan selaras bersama bank sentral untuk melestarikan stabilitas dan kepercayaan perekonomian demi kepentingan kesejahteraan rakyat, kemakmuran, pula keadilan yang tetap berkesinambungan.

Baca Juga: Anggota DPR ini menyebut BI perlu independen menata moneter, tanpa dibaurkan

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank) ini menerangkan, revisi dengan dilakukan oleh pemerintah untuk menguatkan dan menata sistem keuangan itu harus mengedepankan prinsip tata kelola (governance) yang baik.

Selain tersebut, pembagian tugas dan tanggung pikiran masing-masing lembaga juga dituntut jelas, serta mekanisme check and balance harus memadai.

 

SEDEKAH, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
BANK INDONESIA / BI

gong9deng –>