Categories
Data

Sempurna Globalindo Logistik (PPGL) akan jadi emiten terbaru BEI pada Senin (20/7)

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T. Rahmawati KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Bursa Buntut Indonesia (BEI) akan kedatangan emiten baru di awal pekan. PT Prima Globalindo Logistik Tbk (PPGL) akan menjadi emiten ke-33 yang mencatatkan saham di BEI tahun ini.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan emiten perdana di awal pekan. PT Sempurna Globalindo Logistik Tbk (PPGL) bakal menjadi emiten ke-33 yang mencantumkan saham di BEI tahun itu.

PPGL akan masuk ke di dalam sektor infrastructure, utilities and transportation dengan subsektor transportation. Emiten ini pun bakal tercatat di Papan Akselerasi BEI.

Prima Globalindo menawarkan 150 juta saham perdana lewat initial public offering (IPO). Penawaran saham ini menyentuh 20% dari modal ditempatkan serta disetor penuh setelah IPO. Pemegang saham pengendali PPGL adalan Darmawan Suryadi dengan kepemilikan 79, 93%.

Baca Juga: IPO subholding, Ahok: Kita harap masyarakat bisa memiliki Pertamina

Dengan makna penawaran Rp 110 per bagian, Prima Globalindo meraup dana IPO sebesar Rp 16, 5 miliar. PPGL akan menggunakan sekitar 81, 88% dana IPO untuk biaya-biaya terkait jasa pengurusan transportasi ekspor. Prima Globalindo akan menggunakan 12, 24% dana IPO untuk biaya-biaya terkait pengangkutan ekspor, sekitar 5, 12% untuk biaya-biaya terkait bantuan pengurusan transportasi impor, dan 0, 76% untuk biaya-biaya terkait pengangkutan impor.

Selain menerbitkan saham perdana, Prima Globalindo juga akan mendatangkan waran dengan total 210 juta. Harga pelaksanaan waran seri I sebesar Rp 152 per bagian sehingga Prima Globalindo akan mengantongi dana Rp 31, 92 miliar dari penerbitan waran. Periode pengamalan waran seri I adalah 20 Januari 2021 hingga 19 Juli 2022.

Emiten baru ini akan menggunakan 62, 66% dana hasil pelaksanaan waran untuk investasi depo peti kemas. Sedangkan sisanya 37, 34% dana pelaksanaan waran akan digunakan untuk modal kerja.

Baca Juga: BEI masih mengantongi 19 perusahaan dalam pipeline IPO

Prima Globalindo mencatat penerimaan Rp 101, 43 miliar dalam tahun lalu, meningkat 13, 79% ketimbang tahun sebelumnya. Pendapatan PPGL ini berasal dari jasa pengurusan transportasi dan jasa angkutan darat. Berdasarkan prospektus IPO PPGL, faedah Prima Globalindo tahun lalu mencapai Rp 3, 11 miliar, terbang 13, 39% dari tahun sebelumnya.

Total aset Prima Globalindo mencapai Rp 107, 72 miliar dalam akhir 2019. Ekuitas calon emiten ini mencapai Rp 66, 46 miliar. Sedangkan liabilitas PPGL sejumlah Rp 41, 26 miliar.

Hanya informasi, penjamin pelaksana emisi efek PPGL adalah UOB Kay Hian Sekuritas.

DONASI, Bisa Voucer Gratis!
Dukungan Anda hendak menambah semangat kami untuk menyediakan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

gong15deng –>