Categories
Data

Satgas menyebut 7% pasien Covid-19 dalam RSD Wisma Atlet tak sudah keluar rumah

Sumber: Kompas. com | Editor: Wahyu T. Rahmawati KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, 7% dari segenap pasien Covid-19 yang dirawat pada RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran tidak pernah keluar rumah. Doni mengatakan, hal itu membuktikan bahwa beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang dapat terbebas dari ancaman Covid-19.

Sumber: Kompas. com | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID kacau JAKARTA. Ketua Dasar Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, 7% dari seluruh anak obat Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran tak pernah keluar rumah. Doni mengatakan, hal itu membuktikan bahwa beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang dapat terbebas dari intimidasi Covid-19.

“Program-program di rumah saja ternyata tidak menjamin seseorang tidak terpapar Covid. Apa buktinya? 7% pasien yang sekarang dirawat di Rumah Sakit Covid Wisma Atlet adalah mereka yang tidak sudah keluar rumah, ” kata Doni dalam sebuah webinar, Sabtu (19/9).

Menurut Doni, hal itu dapat terjadi karena ada orang dengan tinggal serumah tetap beraktivitas dalam luar rumah. Tanpa disadari, tanggungan atau orang yang tinggal serumah tersebut dapat menjadi pembawa virus dan menyebabkan penularan.

“Kalau pada rumah itu ada orang-orang ataupun keluarga yang secara rutin mengikuti aktivitas di luar rumah, kala kembali bisa jadi menjadi carrier, menjadi pembawa virus, pembawa Covid, bisa menulari juga, ” ujar Doni.

Baca Selalu: Inilah 5 isyarat daya tahan tubuh melemah dengan sering tidak disadari banyak orang

Oleh sebab itu, Doni mengingatkan agar adat kesehatan, termasuk menjaga jarak, betul-betul dipraktikkan saat berada di sungguh rumah, agar tidak membawa virus dan menyebabkan penularan. Menurut Doni, perubahan perilaku tersebut merupakan pokok untuk mengalahkan Covid-19.

Sebab, pandemi Covid-19 berbeda dengan wabah flu burung yang dapat dicegah penularannya dengan memusnahkan hewan unggas. “Covid ini yang mengantarkannya bukan hewan, tapi manusia. Sehingga, batasan antarorang itulah yang menjadi prioritas kita, ” kata Doni.

Artikel itu telah tayang di Kompas. com dengan judul Satgas Sebut 7 Persen Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Tak Pernah Keluar Rumah.
Penulis: Ardito Ramadhan
Editor: Kristian Erdianto

 

 

DONASI, Sanggup Voucer Gratis!
Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
CORONA DI INDONESIA

gong9deng –>