Categories
Data

Rupiah masih bisa menguat saat PDB kuartal II menurun

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T. Rahmawati KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tak jauh berbeda dari konsensus melaksanakan rupiah masih bisa menguat.  Mengutip Bloomberg, Rabu (5/8), rupiah menguat 0, 51% ke Rp 14. 550 per dolar Amerika Konsorsium (AS). Kompak, kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga mencatat rupiah menguat 0, 50% ke Rp 14. 623 per dolar GANDAR.

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Rilis kemajuan ekonomi Indonesia yang tidak jauh berbeda dari konsensus membuat rupiah sedang bisa menguat.   Mengutip Bloomberg, Rabu (5/8), rupiah menguat 0, 51% ke Rp 14. 550 per dolar Amerika Serikat (AS). Kompak, kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga mencatat rupiah menguat 0, 50% ke Rp 14. 623 per dolar AS.

David Sumual Ekonom Bank Central Asia (BCA) menilai, rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020 yang minus 5, 32% tidak berbeda jauh dari konsensus pasar di -4, 7%.   Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong juga merasakan lega pertumbuhan ekonomi Indonesia tak menurun hingga dua digit. Akhirnya, rupiah masih memiliki tenaga untuk menguat.

David dan Lukman meramalkan rupiah, Kamis (6/8) berpotensi menguat terbatas. Sentimen positif untuk rupiah datang dari dolar AS dengan memasuki tren pelemahan.   “Ketegangan AS dengan China serta ketegangan geopolitik lain membuat dolar GANDAR masuk dalam tren melemah, ” kata David, Rabu (6/8).

Baca Juga: Rupiah spot ditutup menguat 0, 51% ke Rp 14. 550 per dolar AS pada Rabu (5/8)

Makin, pelaku pasar juga mengekspektasikan pertumbuhan ekonomi AS akan tersendat. Jadi, rupiah memiliki peluang untuk menguat.

Lukman menambahkan, dolar AS cenderung melemah juga dipengaruhi dari kewaswasan stabilitas politik di AS menghadap pemilihan presiden.   Dia meramalkan rentang rupiah besok di Rp 14. 400 per dolar GANDAR hingga Rp 14. 600 bola lampu dolar AS.

Sementara, David meramalkan rupiah di rentang Rp 14. 500 per dolar AS hingga Rp 14. 650 per dolar AS.

Baca Selalu: Ekonomi turun, IHSG diramal menguat pada Kamis (6/8)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat ana untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai derma yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
PREDIKSI RUPIAH

gong13deng –>