Categories
Data

PSBB dievaluasi, Jokowi minta target terukur dalam penerapannya

Reporter: Abdul Basith | Editor: Anna Suci Perwitasari KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah dilakukan beberapa wilayah untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Reporter: Abdul Basith | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Presiden Joko Widodo melakukan evaluasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah dilakukan beberapa wilayah untuk mengatasi penyebaran virus corona.  

Seperti diketahui, PSBB memang menjadi dipilih pemerintah sebagai upaya memutus rantai penularan virus corona (Covid-19) pada Indonesia. Dasar hukum PSBB ada dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020.

Saat ini telah ada 4 provinsi dan twenty two kabupaten/kota yang menerapkan PSBB. Di mana, DKI Jakarta menjadi daerah pertama yang menerapkan PSBB

Baca Juga: Jokowi tekankan bahwa pekan ini bansos rampung dan data diharuskan transparan

“Saya ingin memastikan ini betul-betul diterapkan secara ketat dan efektif, ” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video konferensi di Istana Bogor, Senin (4/5).

Sejumlah daerah pun telah memperpanjang penerapan PSBB. Jokowi pun minta evaluasi PSBB yang dilakukan melihat tingkat pengetatan pembatasannya.

Selain itu, daerah juga perlu memiliki target yang terukur dalam PSBB. Termasuk dalam melacak penularan yang terjadi oleh menjaring kasus infeksi virus corona.

Baca Juga: DKI Jakarta mengatur ketat pemudik Lebaran saat pandemi Covid-19, simak bocorannya

“Berapa jumlah pengujian sampel yg sudah dilakukan, tes PCR yang telah dilakukan, apakah pelacakan yg agresif telah dikerjakan, berapa yg telah di doing a trace for setiap hari betul-betul ini diharuskan dikerjakan, ” terang Jokowi.

Isolasi yang ketat juga perlu diterapkan oleh pemerintah. Pasalnya saat ini ditemukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih beraktivitas bahkan pasien yg positif Covid-19 pun bisa kabur dari rumah sakit.

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Andai berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

–> Video Pilihan gong15deng –>
DAMPAK VIRUS CORONA

gong15deng –>