Categories
Data

Produksi emas Merdeka Copper (MDKA) naik 16, 41% di kuartal I 2020

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T. Rahmawati KONTAN. CO. ID – JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) berhasil menggali emas mencapai 54. 151 ounces pada kuartal pertama tahun itu atau naik 16, 41% dibanding periode yang serupa tahun sebelumnya. Pada catatan Kontan, emiten bersandi MDKA ini mencatat produksi emas sebesar 46. 515 ounces pada kuartal pertama 2019.

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) berhasil mengeduk emas mencapai 54. 151 ounces pada kuartal pertama tahun itu atau naik 16, 41% daripada periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam catatan Kontan, emiten bersandi MDKA ini mencatat produksi aurum sebesar 46. 515 ounces pada kuartal pertama 2019.

Sekretaris Kongsi MDKA, Adi Adriansyah Sjoekri mengutarakan, Merdeka Copper juga mencatat produksi tembaga sebesar 1. 785 ton pada kuartal pertama 2020. Sebelumnya, MDKA telah mengembangkan tiga aktiva tambang meliputi Tambang Emas Tujuh Bukit melalui anak usahanya PT Bumi Suksesindo, Tambang Tembaga Wetar melalui PT Batutua Kharisma Indah, dan Proyek Emas Pani mencuaikan PT Puncak Emas Tani Tenteram.

Nah, untuk saat ini MDKA juga melanjutkan pengembangan 3 rencana yang terdiri dari Proyek Tembaga Tujuh Bukit, kedua ada Rencana Patungan Pani yang merupakan cara patungan MDKA dan J Resources, serta Proyek Acid Iron Metal (AIM) Wetar/Morowali yang merupakan patungan MDKA dan Eternal Tsingshan Group Limited.

Baca Selalu: Gelar RUPSLB, Merdeka Copper Gold (MDKA) dapat setu buyback 2% saham

“Kami tengah menjalankan proses penyelesaian syarat dari rencana-rencana perluasan bisnis perusahaan melalui Proyek Patungan Pani dan Proyek Acid Iron Metal (AIM) Wetar/Morowali untuk mengangkat kinerja perusahaan dalam jangka panjang, ” ungkap Adi, Rabu (29/7).

Adi menambahkan, MDKA juga langsung mengembangkan Proyek Tembaga Tujuh Bukit porfiri di bawah tanah dengan diperkirakan memiliki sumberdaya bijih sebanyak 1. 900 metrik ton (MT) dengan kandungan tembaga sebanyak 8, 7 juta ton, dan kandungan emas sebanyak 28, 3 juta ounces.

Selain itu, masuknya Tangan Tembaga Wetar dan Proyek Emas Pani ke dalam portofolio pertambangan MDKA juga menambah profil sumberdaya dan cadangan Merdeka Copper dalam masa mendatang.

Makanya, MDKA pokok mengoptimalkan eksplorasi dan produksi di wilayah aset melalui anak-anak kongsi. Lihat saja, sepanjang tahun semrawut MDKA telah membukukan pendapatan bersih hingga US$ 402, 04 juta atau melonjak 36, 8% daripada periode sebelumnya yang hanya US$ 293, 88 juta. Kenaikan penerimaan ini turut mengerek laba bersih MDKA hingga 34, 9% menjelma senilai US$ 70, 82 juta.

Baca Juga: Harga emas masih kuat, analis: Cermati saham ANTM had MDKA

Presiden Direktur MDKA, Tri Boewono menambahkan, kinerja gemilang tahun 2019 itu sejalan dengan diselesaikannya proyek pengembangan oksida di Tambang Emas Tujuh Bukit. Tri mengatakan, langkah itu merupakan upaya berkelanjutan dari manajemen MDKA guna memperkuat bisnis pertambangan dan nilai perusahaan untuk mengambil kelangsungan bisnis jangka panjang.

Pada tahun lalu perusahaan ini memanifestasikan 223. 042 ounces emas meningkat 33, 15% dibanding 2018 dengan menghasilkan 167. 506 ounces aurum. Padahal target awal hanya sebesar 180. 000 ounces-200. 000 ounces emas. MDKA juga mencatat buatan perak sebesar 409. 492 ounces perak pada 2019 atau naik 191, 32% dari 140. 594 ounces perak pada 2018.

Tengah itu, melalui PT Batutua Tembaga Raya di proyek tambang tembaga di Wetar, Maluku Barat, MDKA berhasil memproduksi 16. 777 ton tembaga.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
EMITEN

gong13deng –>