Categories
Data

Perang Armenia-Azerbaijan, Turki siap berikan sokongan apa pun untuk Azebaijan

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S. S. Kurniawan KONTAN. CO. ID - BAKU. Turki siap memberikan pertolongan apa pun dalam bidang barang apa pun jika Ajerbaijan membutuhkannya, Gajah Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada pertemuan dengan Pemimpin Azerbaijan Ilham Aliyev di Patokan, Selasa (6/10).

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  BAKU. Turki siap memberikan dukungan apa kendati dalam bidang apa pun jika Ajerbaijan membutuhkannya, Menteri Luar Kampung Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan di dalam pertemuan dengan Presiden Azerbaijan Petunjuk Aliyev di Baku, Selasa (6/10).

“Hari ini, rakyat Azerbaijan berjuang untuk membebaskan tanahnya dan mampu melakukannya, mereka memiliki kekuatan & potensi untuk melakukannya, ” prawacana Cavusoglu seperti dikutip kantor berita TASS.  

“Tentu saja, Turki serta bangsa Turki siap memberikan tumpuan dalam bidang apapun kepada Azerbaijan jika dibutuhkan,   apapun, ” tegasnya.

Cavusoglu menggarisbawahi, dia muncul di Baku “untuk sekali sedang menunjukkan dukungan Turki dan rakyat Turki untuk Azerbaijan”.

Baca Juga: Perang Armenia-Azerbaijan, Rusia sebut banyak kelompok teror datang ke pusat pertentangan

Aliyev menyebutkan, dukungan Turki memberikan kekuatan kepada Azerbaijan. “Itu menginspirasi kami, meluluskan kami kekuatan tambahan dan, bilamana yang sama, memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas dan perbaikan di kawasan, ” ujarnya.  

Menurut Aliyev, “pernyataan tegas” sejak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan “menunjukkan kepada seluruh dunia kalau Azerbaijan tidak sendiri”.

Sementara  Pertama Menteri Armenia Nikol Pashinyan yakin Rusia akan memenuhi komitmen serta akan menggunakan pasukannya untuk menetapkan keamanan Armenia jika perlu.

“Rusia memiliki pangkalan ke-102 di Armenia dan kami memiliki sistem pertahanan rudal bersama. Perjanjian kami secara jelas menyebutkan, kapan dan mengapa pasukan ini dapat digunakan untuk memastikan keamanan, termasuk di Armenia, ” kata Pashinyan wawancara secara surat kabar Bild , Jerman.  

Baca Juga: Membuat panas, Presiden Suriah tuding Erdogan picu konflik Armenia vs Azerbaijan

“Saya tetap, jika kebutuhan seperti itu dengan berasal dari komitmen di kolong perjanjian ini muncul, Rusia bakal memenuhinya dalam keadaan tertentu, ” ujarnya seperti dilansir  kantor berita TASS.

Bentrokan antara Azerbaijan dan Armenia meletus pada 27 September, dengan pertempuran sengit berkecamuk di provinsi sengketa Nagorno-Karabakh.  

Azerbaijan dan Armenia memberlakukan darurat militer serta melancarkan upaya mobilisasi. Kedua bagian yang terlibat konflik telah mengadukan korban, di antaranya adalah warga biasa.

 


–> Video Pilihan gong11deng –>
ARMENIA VS AZERBAIJAN

gong11deng –>