Categories
Data

Pengantara dan cara mengatasi pembuluh darah pecah yang bisa Anda lakukan

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.  Pembuluh darah pecah atau spider veins terjadi kala pembuluh darah di bawah latar kulit melebar dan membesar. Perihal tersebut bisa terjadi di arah tubuh mana pun, tapi biasanya lebih banyak muncul di paras dan kaki.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Pembuluh darah pecah atau spider veins terjadi ketika pembuluh darah di bawah permukaan kulit melebar & membesar. Kondisi tersebut bisa berlaku di bagian tubuh mana biar, tapi biasanya lebih banyak tumbuh di wajah dan kaki.

Penyebab Saluran Darah Pecah

Ada banyak kejadian yang menyebabkan pecahnya pembuluh pembawaan. Salah satu faktor yang membuat terjadinya hal tersebut adalah genetik dan usia. Selain itu, perempuan hamil juga lebih rentan menjalani kondisi tersebut karena jumlah hormon estrogen yang mengalami peningkatan.

Healthline (healthline. com) mengatakan bahwa paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan spider veins. Saat kulit terpapar banyak cahaya matahari dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda bisa mengalami sunburn. Sunburn itulah yang melaksanakan pembuluh darah menjadi lebih terlihat.

Tak hanya itu, spider veins juga bisa diakibatkan oleh peristiwa lain. Mulai dari perubahan iklim, iritasi terhadap lingkungan, kecelakaan, bangkis, dan muntah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena spider veins bisa Anda atasi dengan sasaran alami dan pengobatan medis.

Baca Juga: 4 Langkah turunkan kolesterol minus obat

Cara Menyalahi dengan Bahan Alami

Mengutip dari Healthline, ada beberapa bahan natural yang bisa Anda manfaatkan buat mengatasi pembuluh darah pecah. Prima, Anda bisa memakai cuka upacara. Bahan alami itu mampu mengurangi kemerahan dan gejala lain dengan muncul akibat spider veins.

Ke-2, Anda bisa mengatasi spider veins menggunakan air hangat. Gunakan tirta hangat secara perlahan untuk mandi wajah atau bagian tubuh yang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memakai air panas karena bisa memperparah kondisi spider veins.

Cara Mengatasi dengan Pengobatan Medis

Jika beberapa bahan alami yang telah disebutkan tak bisa mengatasi pembuluh darah pecah secara maksimal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan medis. Tersedia beberapa pilihan pengobatan yang bisa Anda coba.

Pertama, Anda mampu memakai krim retinoid. Krim dengan mengandung retinoid bekerja dengan cara menghilangkan bagian terluar kulit sehingga kemunculan spider veins berkurang. Ke-2, Anda bisa memakai terapi laser.

Baca Juga: Stroke bisa menyerang sapa saja, termasuk anak muda, demikian ini mencegahnya

Cara Menyekat

Supaya pembuluh darah pecah tak Anda alami terlalu sering, ada beberapa langkah pencegahan yang mampu Anda lakukan. Pertama, hindari paparan sinar matahari. Anda bisa menangani kulit dengan memakai sunscreen.

Kedua, hindarilingkungan yang terlalu panas. Ke-3, hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Jika memang diperlukan, Anda mampu tak mengonsumsi alkohol sama sekali. Keempat, jangan lupa untuk menjalankan alat perlindungan diri dari hal-hal yang bisa menimbulkan spider veins.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda