Categories
Data

Pemerintah berikan jaminan kredit modal kerja untuk korporasi, ini skemanya

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Kamis (29/7) lalu, pemerintah resmi memberikan dukungan kredit modal kerja kepada korporasi dengan rentang pinjaman sekitar Rp 10 miliar sampai Rp 1 triliun. Stimulus dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN) ini mau berlangsung di tahun ini datang akhir tahun depan dengan estimasi modal…

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Kamis (29/7) lalu, pemerintah resmi memberikan sokongan kredit modal kerja kepada korporasi dengan rentang pinjaman sekitar Rp 10 miliar sampai Rp 1 triliun. Stimulus dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional  (PEN) ini akan berlangsung di tahun itu sampai akhir tahun depan secara estimasi modal yang terealisasi sejumlah Rp 100 triliun.

Secara pelindung hukum skema penjaminan pemerintah itu sebagaimana dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 98/PMK. 08/2020 tentang Kode etik Penjaminan Pemerintah Untuk Karakter Usaha Korporasi Melalui Badan Usaha Penjaminan yang Ditunjuk Dalam Buram Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Kebijakan ini telah berlaku per agenda 28 Juli 2020.

Baca Juga: Dua perusahaan ini akan segera listing, intip penggunaan dana hasil IPO

Adapun PMK 98/2020 mengatur tentang pelaksanaan penjaminan, dukungan penjaminan, pengelolaan anggaran penjaminan, penyelesaian piutang pemerintah atas pembalasan klaim penjaminan, hingga evaluasi sebab kebijakan penjaminan kredit modal kerja korporasi.

Selain itu, beleid PMK 98/2020 ini mengatur juga mengenai pembagian tugas antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII)

Bab 6 ayat 1 menyebutkan, Gajah Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menugaskan LPEI untuk memberikan penjaminan pemerintah. Penjaminan dilakukan LPEI beserta dengan PT PII terhadap suasana kriteria pelaku usaha tidak bisa dijamin LPEI sendiri atau kapasitas penjaminan LPEI sudah mendekati batas maksimal.

Baca Selalu: Saham-saham perbankan itu boleh jadi pilihan setelah ada gadai kredit korporasi

Dalam program penjaminan ini, pemerintah memberikan penjaminan atas seluruh kesibukan finansial atas seluruh pinjaman simpanan kerja meliputi tunggakan pokok pinjaman serta bunga yang telah disepakati dalam perjanjian pinjaman.

Pinjaman yang mendapatkan penjaminan adalah pinjaman pangkal kerja baru atau pinjaman modal kerja dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Adapun kriteria korporasi yang mendapatkan penjaminan adalah pelaku jalan yang melakukan kegiatan yang menghasilkan devisa, menghemat devisa dalam negeri, meningkatkan kapasitas produksi nasional, atau memiliki karyawan minimal 300 orang.

DONASI, Bisa Voucer Gratis!
Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyediakan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –>
MAKROEKONOMI

gong11deng –>