Categories
Data

Operasional Rig Tenders Indonesia (RIGS) macet akibat Covid-19

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Operasional PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) terganggu kelanjutan pandemi Corona (Covid-19). Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Buntut Indonesia, Sabtu (13/6), RIGS memperhitungkan pembatasan operasional tersebut akan berlangsung lebih dari tiga bulan.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Operasional PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) terhambat akibat pandemi Corona (Covid-19). Di keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Sabtu (13/6), RIGS memperkirakan pembatasan operasional tersebut akan berlangsung lebih dari tiga bulan.

Manajemen RIGS mengatakan, pembatasan operasional yang dimaksud adalah pembatasan dalam pengiriman pergantian crew untuk operasional pada wilayah-wilayah kerja RIGS, seperti PHE Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES), Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), Arutmin, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait wabah Covid-19 ini.

Baca Serupa: Pendapatan Pelangi Baik Canindo (PICO) anjlok 41, 34% di kuartal I 2020

“Adanya penambahan bea operasional untuk dapat menyesuaikan kalender masing-masing customer seperti rapid test , masker, karantina mandiri, dan lain sebagainya, ” tulis manajemen RISG, Sabtu (13/6).

RIGS memperkirakan besar kontribusi pendapatan dibanding kegiatan operasional yang mengalami pemisahan operasional tersebut terhadap total perolehan (konsolidasi) tahun 2019 kurang sebab 25%.

Emiten penyedia jasa logistik kelautan untuk industri minyak & batubara tersebut memprediksi, akan terjadi penurunan total pendapatan (konsolidasi) buat periode yang berakhir per 31 Maret 2020 sebesar kurang dari 25%. Pun begitu dengan menyaruk bersih yang diperkirakan turun namun kurang dari 25%.

Adapun pandemi Covid-19 tidak berdampak pada pelepasan kewajiban keuangan jangka pendek RIGS dan anak usaha (seperti pinjaman usaha, utang bank hingga MTN). Pandemi Covid-19 juga tidak berpengaruh pada permasalahan hukum yang bersifat material seperti gugatan pailit/PKPU maupun pembatalan kontrak material.

Baca Juga: Perolehan dan laba Sierad Produce (SIPD) kompak tumbuh di kuartal I 2020

Buat mempertahankan kelangsungan usaha di tengah kondisi pandemi Covid-19, RIGS hendak mengikuti dan mengacu kepada petunjuk pemerintah dalam memutus rantai Covid-19, seperti menghindari tindakan pemutusan ikatan kerja (PHK), membatasi jarak para pekerja, hingga melakukan kegiatan & kordinasi secara daring.

Sementara untuk pekerjaan di atas kapal, RIGS menerapkan prosedur rencana darurat & memastikan operasional di lapangan berlaku dengan tetap mengindahkan aspek keselamatan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
EMITEN

gong15deng –>