Categories
Data

Media Partai Komunis Tiongkok: Ada Amerika Serikat di balik India

Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo KONTAN. CO. ID – BEIJING. Media milik Partai Komunis Tiongkok Global Times menuturkan ada Amerika Serikat (AS) dalam balik India saat kini ada konflik soal perbatasan di Himalaya Barat. Dalam editorial Global Times yang terbit Rabu (17/6), menyebutkan kalau AS membutuhkan negara kaya India untuk menyerang China.

Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN. CO. ID – BEIJING . Media hak Partai Komunis Tiongkok Global Times menyebutkan ada Amerika Serikat (AS) di balik India saat ini ada konflik soal perbatasan pada Himalaya Barat. Dalam editorial Ijmal Times yang terbit Rabu (17/6), menyebutkan kalau AS membutuhkan negeri seperti India untuk menyerang China.

“AS telah merayu India secara Strategi Indo-Pasifiknya, yang menambah kesalahpahaman beberapa elit India di berasaskan, ” ujar editorial Global Times. India juga dinilai terlalu ceroboh percaya dengan kekuatan militer mereka dalam melawan China.

Baca Juga: Tidak bahas perdamaian, PM India malah memuji tentaranya berhasil bunuh prajurit China

“Kesombongan dan kecerobohan pihak India adalah alasan utama untuk ketegangan yang konsisten di sepanjang perbatasan China-India, ” kata editorial itu. China juga menginginkan perdamaian dengan India.

“Ini adalah niat baik Tiongkok, bukan kelemahan. Bagaimana China bisa mengorbankan kedaulatannya dengan imbalan perdamaian dan tunduk pada ancaman sejak New Delhi?, ” editorial itu menyebutkan.

Hingga kini China tak mengumumkan jumlah korban adalah suatu niat baik dari Tiongkok buat tidak meningkatkan ekskalasi perang dengan India.

Sebelumnya Intelijen AS memang menyebutkan kalau ada korban mati dari China setidaknya 35 prajurit tewas. Sementara India sudah mengkonfirmasi kalau 20 tentaranya tewas dalam pertempuran tanpa senjata api pada lembah  Lembah Galwan, Ladakh, kawasan yang disengketakan di wilayah Kashmir.


–> Video Pilihan gong11deng –>
AS-CHINA

gong11deng –>