Categories
Data

KPPU minta pemerintah tingkatkan penjagaan pasca impor garam

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Komisi Pengawas Pertarungan Usaha (KPPU) merekomendasikan agar pemerintah meningkatkan pengawasan setelah proses impor garam dilakukan.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Komisi Pengawas Persaingan Cara (KPPU) merekomendasikan agar negeri meningkatkan pengawasan setelah metode impor garam dilakukan.

Peningkatan pengawasan ini dikerjakan terhadap industri pengguna sira impor serta importir garam, salah satunya dengan mewajibkan penyerahan data penggunaan sira impor pada pemerintah.

Deputi Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto mengutarakan, hal ini diperlukan pasal sebelumnya importir tidak melaporkan penggunaan serta penyaluran garam impor kepada pemerintah.

“Berdasarkan informasi yang ana peroleh, ini dari jalan persidangan perkara terdahulu, diperoleh informasi tidak terdapat mekanisme pengawasan terhadap penggunaan garam impor oleh importir. Maka berapa besar yang digunakan, dan berapa besar dengan disalurkan ke pihak lain seharusnya diawasi, ” jelas dia dalam konferensi pers, Selasa (20/4).

Taufik bilang, tanpa pelaporan itu ada kemungkinan sisa simpanan garam impor yang tidak terpakai oleh industri menyelundup ke garam rakyat. Apalagi, harga garam impor kendati lebih rendah dibandingkan garam lokal.

Baca Juga: Banjir pasokan, KPPU estimasi 1, 8 juta ton garam tak terserap dalam tahun ini

Menurut Taufik, disparitas harga garam memasukkan dan garam lokal itu bisa pula mendorong terjadinya rente atau supernormal profit. Ini menjadi insentif bagi pelaku usaha untuk meneruskan garam impor ke pasar garam konsumsi.

Tak hanya meningkatkan pengawasan pasca impor, Taufik juga menodong agar pemerintah memastikan stok garam yang diimpor pantas dengan peruntukan dan meyakinkan stok garam impor tak jatuh pada penguasaan golongan tertentu dalam porsi yang signifikan.

Sekedar tahu,   alokasi impor garam di tahun ini menyentuh 3 juta ton

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih tempat perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
IMPOR GARAM

gong9deng –>