Categories
Data

Kenali mutasi dan penularan virus corona terbaru yang ditemukan di Inggris

KONTAN. CO. ID – London. Virus corona mengalami mutasi di Inggris serta menghasilkan strain atau varian mutakhir. Hasil mutasi virus corona pada Inggris ini diperkirakan lebih menular. Apa beda mutasi virus corona dengan varia baru virus corona?

KONTAN. CO. ID – London. Virus corona mengalami mutasi di Inggris dan menghasilkan strain atau varian baru. Hasil mutasi virus corona di Inggris ini diperkirakan bertambah menular. Apa beda mutasi virus corona dengan varia baru virus corona?

Pada Sabtu lalu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan rencana untuk kembali memberlakukan pemisahan di beberapa wilayah negara, kelanjutan pandemi Covid-19. Hal ini menyusul penemuan strain atau varian anyar virus corona di Inggris.

Pembatasan tersebut dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran virus. Pasalnya, strain virus baru ini bisa menyebar lebih cepat daripada strain virus sebelumnya, yang saat ini masih belum sepenuhnya teratasi.

“Kami harus bertindak sekarang. Ketika virus mengubah metode serangannya, kami kudu mengubah metode pertahanan, ” prawacana Johnson seperti dikutip CNBC.

Baca juga: Tips merawat bayi di tengah pandemi, agar tidak terinfeksi virus corona

Pada Senin minggu lalu, Negeri Inggris mengumumkan penemuan jenis terakhir virus corona terkait peningkatan kasus di wilayah selatan dan timur. Menurut pernyataan dari Public Health England, lebih dari 1. 100 kasus Covid-19 dengan strain hangat telah diidentifikasi.

Selain itu, semasa seminggu kemarin Inggris melaporkan 24. 061 kasus Covid-19 baru. Penyelidikan dari John Hopkins University menyuarakan, berdasarkan rata-rata mingguan, jumlah tersebut mengalami peningkatan lebih dari 40 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

“Ini adalah data awal serta akan ditinjau. Tapi kami kudu bertindak karena sekarang virus menyebar dengan sangat cepat, ” sekapur Johnson.

Strain virus corona hangat diperkirakan dapat menular 70 persen lebih mudah daripada strain virus corona asli. Hal ini mampu memicu penyebaran infeksi Covid-19 dengan cepat. Johnson mengimbau penduduk Inggris menahan diri untuk bepergian dan tetap di rumah guna menghalangi strain virus corona baru menjalar ke seluruh negeri dan luar negeri.

gong2deng –>

Editor: Adi Wikanto