Categories
Data

Kementerian Investasi diharapkan bukan semata-mata nomenklatur

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengubah Institusi Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi mendapat apresiasi berbagai kalangan. Perubahan ini juga sudah dinanti-nanti oleh para pengusaha dan pelaku pasar.

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengubah Badan Penyelarasan dan Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi memiliki apresiasi berbagai kalangan. Perubahan ini juga sudah dinanti-nanti oleh para pengusaha serta pelaku pasar.

Kaum isu terkait dengan cara penanaman modal di Nusantara saat ini antara asing tumpang tindih regulasi, dorongan yang kurang kompetitif dengan negara lain, kecepatan di dalam menanggapi niatan investor, beserta kepastian investasi untuk masa panjang.

Kepala Departemen Ekonomi Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri, Kementerian Investasi harus memiliki jangkauan yang lebih luas, termasuk ke dalam kebijakan ekonomi lainnya.

“Apakah Kementerian Investasi ini akan memiliki karakter untuk menentukan kebijakan perdagangan? Perindustrian? Ketenagakerjaan? Ini dengan paling penting, karena kegiatan ini yang sebelumnya tak ada di BKPM, ” ujar Yose dalam keterangannya, Senin (12/4).

Baca Juga: Sikap BKPM setelah disebut akan menjadi Departemen Investasi

Selama ini, tinggi Yose, BKPM hanya punya dua fungsi utama yaitu terkait menarik investasi, serta mengurus perizinan investasi. Namun hal utama yang dibutuhkan investor adalah kepastian investasi dapat berjalan dalam masa waktu yang panjang.

Kewenangan memastikan keberlangsungan jalan inilah yang selama ini tidak berada di BKPM, melainkan kementerian teknis tenggat pemerintah daerah.

Oleh karena itu, Yose berharap Kementerian Investasi harus memiliki jangkauan kebijakan yang umum. Ditambah lagi, kebijakan-kebijakan investasinya juga harus memiliki pandangan jangka panjang, tidak cuma sekadar menarik investasi memperbedakan sampai memastikan usaha investor beroperasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai petitih terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
BKPM

gong9deng –>