Categories
Data

Hadapi China, Taiwan luncurkan kapal serbu amfibi bersenjata peluru kendali

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan KONTAN. CO. ID - KAOHSIUNG. Taiwan meluncurkan kapal serbu amfibi pada Selasa (13 April) yang mampu digunakan untuk mendaratkan pasukan, dan akan meningkatkan carik pasokan ke pulau-pulau sensitif di lepas pantai China dan Laut China Daksina.

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

LANGSUNG. CO. ID –  KAOHSIUNG. Taiwan mengeluarkan kapal serbu  amfibi di dalam Selasa (13 April) dengan bisa digunakan untuk meninggalkan pasukan, dan akan memajukan jalur pasokan ke pulau-pulau rentan di lepas pantai China dan Laut China Selatan.

Yu Shan, yang diambil dari nama gunung tertinggi di Taiwan, berbobot 10. 600 ton  adalah bagian terbaru sejak program ambisius Presiden Tsai Ing-wen untuk memodernisasi angkatan bersenjata di tengah tekanan sebab China, yang mengklaim tanah itu sebagai miliknya.

Dibangun oleh CSBC Corporation Taiwan yang didukung negara, pesawat serbu amfibi akan berangkat beroperasi tahun depan dan akan dipersenjatai dengan konon untuk digunakan melawan bahan udara dan permukaan.

Senjata Yu Shan lainnya adalah rudal anti-pesawat serta anti-pesawat jarak dekat Phalanx serta senjata anti-rudal.

Baca Serupa: Bikin deg-degan, China terbangkan 25 jet tempur dan pembom ke wilayah udara Taiwan

Dengan resmi menamai kapal segar di Kota Kaohsiung, Tsai mengatakan, kapal serbu amfibi tersebut mewakili “tonggak” pada rencana pembangunan kapal perang buatan Taiwan.

“Saya yakin, kapal ini positif akan memperkuat kemampuan Tentara Laut untuk memenuhi misinya dan semakin memperkuat pertahanan kita, ” katanya, bagaikan dikutip Reuters .

Merebut kembali pulau-pulau

Chairman CSBC Cheng Wen-lung menyatakan, selain menjadi kapal serbu amfibi, dengan ruang untuk kapal pendarat dan helikopter, mesin perang itu akan digunakan untuk mengangkut barang-barang milik Taiwan.

Taiwan membawanya ke pulau-pulau di Laut China Selatan yang disengketakan serta di lepas pantai Taiwan yang terletak dekat dengan pantai China, yang lama dianggap sebagai sasaran lembut bagi Tiongkok jika berlaku perang.

Baca Juga: AS peringatkan China berasaskan tindakan agresif terhadap Taiwan


–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
TAIWAN

gong9deng –>