Categories
Data

GANDAR marah lantaran kebijakan tarifnya terhadap produk China dinilai melanggar WTO

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo. KONTAN. CO. ID - JENEWA / BRUSSELS. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengatakan Amerika Serikat melanggar aturan perdagangan global dengan mengesahkan tarif miliaran dolar dalam perang dagang antara Presiden Donald Trump dengan China. Tentu saja keputusan tersebut memicu kemarahan dari Washington.

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JENEWA / BRUSSELS . Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengatakan Amerika Serikat melanggar hukum perdagangan global dengan memberlakukan tarif miliaran dolar dalam perang dagang antara Presiden Donald Trump secara China. Tentu saja keputusan itu memicu kemarahan dari Washington.

Pemerintahan Trump mengatakan tarifnya yang diberlakukan dua tahun lalu pada bertambah dari US$ 200 miliar barang-barang Tiongkok dibenarkan karena Tiongkok menyikat kekayaan intelektual dan memaksa kongsi AS untuk mentransfer teknologi buat akses ke pasar Tiongkok.

Tetapi panel beranggotakan tiga orang WTO mengatakan bea masuk AS menentang aturan perdagangan karena hanya asi untuk China dan di pada tarif maksimum yang disepakati sebab Amerika Serikat. Washington kemudian tidak cukup menjelaskan mengapa tindakannya ialah pengecualian yang dibenarkan, panel menyimpulkan.

“Laporan panel ini menegaskan apa yang telah dikatakan pemerintahan Trump selama empat tahun: WTO sama sekali tidak memadai untuk menghentikan pengerjaan teknologi berbahaya China, ” introduksi Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer sebagai tanggapan.

Kementerian Perdagangan China mengatakan Beijing mendukung sistem perdagangan multilateral dan menghormati aturan & putusan WTO, dan berharap Washington akan melakukan hal yang cocok.

Keputusan tersebut hanya akan berpengaruh kecil pada tarif AS serta hanyalah awal dari proses lembaga yang dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk dilakukan, yang pada akhirnya mengarah pada persetujuan WTO untuk tindakan pembalasan jika ditegakkan. Suatu langkah yang telah diambil China sendiri.

Baca Pula: Pemerintah kenakan safeguard pada produk ubin keramik lantaran India dan Vietnam

Amerika Serikat kemungkinan mau mengajukan banding atas keputusan keadaan Selasa itu. Namun, hal itu akan membuat kasus tersebut menjelma batal hukum, karena Washington telah memblokir penunjukan hakim ke awak banding WTO, mencegahnya mengumpulkan total minimum yang diperlukan untuk menyidangkan kasus.

Panel WTO menyadari kalau ia sedang melangkah ke di dalam air panas. Ia mencatat kalau mereka hanya melihat ke pada tindakan AS dan bukan pembalasan China, yang tidak ditentang sebab Washington di WTO.

“Panel sangat menyadari konteks yang lebih umum di mana sistem WTO era ini beroperasi, yang mencerminkan serangkaian ketegangan perdagangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya, ” laporan 66 halaman menyimpulkan.


–> Video Pilihan gong9deng –>
KEBIJAKAN PERDAGANGAN

gong9deng –>