Categories
Data

El Nino dan La Nina: Persetujuan, perbedaan, dan dampaknya

KONTAN. CO. ID - Baru-baru ini Pranata Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mengingatkan masyarakat akan fenomena La Nina.  Selain La Nina, Kamu mungkin juga familiar dengan isyarat El Nino. Dua fenomena alam ini memang acap kali berlaku di Indonesia.

KONTAN. CO. ID –  Baru-baru ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mengingatkan kelompok akan fenomena La Nina.   Selain La Nina, Anda agak-agak juga familiar dengan fenomena El Nino. Dua fenomena alam tersebut memang acap kali terjadi pada Indonesia.  

Sering kali kelompok keliru tentang El Nina & El Nino.   Dua fenomena ini memiliki perbedaan yang pas signifikan.   Pengertian hingga efek yang timbul dari El Nino dan La Nina berbeda.  

Kementerian Pendidikan dan Kultur (Kemendikbud) melalui Instagram resminya (08/10/2020) memberikan penjelasan mengenai La Nina dan El Nino.  

Pengertian El Nino dan La Nina

El Nino merupakan bahasa Spanyol dari anak laku-laki. El Nino adalah petunjuk alam dan bukan badai.  

Fenomena ini secara ilmiah diartikan dengan peningkatan suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah & Timur. Peningkatan suhu ini dalam atas rata-rata di sepanjang garis  ekuador.  

Mengucapkan Juga: 6 Tips public speaking ala Steve Jobs yang bisa di contek mahasiswa

Sedangkan El Nina adalah kondisi dimana suhu permukaan laut mengalami penurunan.   Penurunan suhu ini terjadi pada kawasan Timur ekuator di Bahar Pasifik.   La Nina berarti anak perempuan dalam bahasa Spanyol

Perbedaan El Nino dan La Nina

Meskipun sama-sama perubahan suhu dalam permukaan laut, El Nino La Nina  memiliki perbedaan.   La Nina hanya terjadi selama 6-7 tahun sekali. Sedangkan El Nino rata-rata terjadi sekali dalam 4 tahun.  

El Nino berlaku menjelang akhir tahun, tepatnya menjelang kamar Desember. El Nina tidak diketahui pasti lama periodenya.   La Nina tidak bisa dilihat secara kasat mata, berbeda dengan El Nino yang bisa diketahui dengan kasat mata.  

gong2deng –>

Editor: Tiyas Septiana