Categories
Data

China perintahkan penutupan, staf Konsulat GANDAR di Chengdu mulai kosongkan pejabat

Sumber: Channelnewsasia. com | Editor: S. S. Kurniawan KONTAN. CO. ID - CHENGDU. Staf Konsulat Amerika Serikat (AS) di Kota Chengdu, China, sibuk mengepak barang-barang dan mengeluarkan lambang negeri uak Sam dari gedung pada Sabtu (25/7), sehari setelah Beijing memerintahkan penutupan dalam pertempuran diplomatik secara Washington.

Sumber: Channelnewsasia. com | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  CHENGDU. Staf Konsulat Amerika Serikat (AS) di Kota Chengdu, China, sibuk mengepak barang-barang dan mengeluarkan lambang  negeri uak Sam lantaran gedung pada Sabtu (25/7), sehari setelah Beijing memerintahkan penutupan pada pertempuran diplomatik dengan Washington.

Hubungan AS-China meningkat minggu ini, ketika Konsulat AS di Chengdu diperintahkan untuk ditutup menyusul penutupan paksa Konsulat China di Houston, secara kedua pihak menuduh pihak asing telah membahayakan keamanan nasional.

Pemisah waktu bagi orang AS untuk keluar dari Chengdu masih belum jelas. Tetapi, mengutip Channelnewsasia. com, kuli AFP melihat petugas kebersihan membawa kantong-kantong besar sampah hitam dari Konsulat AS pada Sabtu (25/7).

Baca Juga: Tegang, sekelompok orang didampingi penguasa AS paksa masuk Konsulat China di Houston

Salah satu kantong besar tersebut terbelah dan tampaknya berisi kertas robek. Setidaknya, sepuluh karung dikeluarkan dari gedung Konsulat AS pada Chengdu pada Sabtu dini keadaan.

Seorang pekerja dengan bantuan belok kecil melepas lambang AS berbentuk lingkaran dari depan Konsulat, cuma menyisakan bendera Amerika Serikat yang berkibar di gedung yang sekarang tidak bertanda.

Staf lain tampak mendorong troli di dalam Konsulat AS. Ada staf yang membawa tong logam besar yang hampa, sementara beberapa lainnya menarik koper beroda.

Beijing mengatakan, penutupan Konsulat AS di Chengdu adalah “tanggapan sah dan perlu terhadap tindakan tidak masuk akal Amerika Serikat”, dan menuduh staf di misi diplomatik itu membahayakan keamanan dan kepentingan China.

Mengucapkan Juga: AS: Militer China gunakan konsulat di Houston untuk mencuri hasil penelitian

Sementara pejabat Washington menyatakan, ada upaya yang tidak dapat diterima oleh Konsulat China di Houston untuk mencuri spion perusahaan AS dan penelitian medis dan ilmiah.

Para diplomat China terakhir meninggalkan Konsulat Houston di dalam Jumat (24/7) karena batas periode 72 jam untuk menutup urusan telah berlalu. Staf terlihat memuat karung-karung besar berisi dokumen serta barang-barang lainnya ke truk serta melemparkan beberapa ke dalam bak.

Ketegangan meningkat antara kedua kekuatan dunia ini di berbagai tempat, termasuk perdagangan, penanganan virus corona baru China, dan undang-undang kesejahteraan baru untuk Hong Kong, dengan AS pekan ini memperingatkan “tirani baru” dari China.

Baca Juga: China membalas: Beijing perintahkan AS tutup konsulat di Chengdu


–> Video Opsi

–>

–>
AS-CHINA

–>