Categories
Data

Cadangan emas BI naik 10, 96% pada Juli, ini tanggapan ekonom Bank Permata

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Cadangan emas moneter Bank Indonesia (BI) pada bulan Juli 2020 tercatat sebesar US$ 4, 96 miliar atau meningkat melonjak 10, 96% dari kamar sebelumnya yang sebesar US$ 4, 47 miliar.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Cadangan emas moneter Bank Indonesia (BI) pada bulan Juli 2020 tercatat sebesar US$ 4, 96 miliar atau meningkat melonjak 10, 96% dari bulan sebelumnya yang sebesar US$ 4, 47 miliar.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, hal yang mendorong pengembangan nilai cadangan emas moneter bank sentral adalah peningkatan harga komoditas.  

“Harga komoditas pada bulan Juli 2020 mengalami kenaikan sejumlah 10, 94% hingga mencapai bintik tertinggi sepanjang sejarah. Inilah yang mendorog peningkatan cadangan emas, ” tutur Josua kepada Kontan. co. id, Senin (10/8).

Baca Juga: Devisa emas meningkat 10, 96% pada Juli, begini kata ekonom IKS

Akan namun, Josua melihat kalau peningkatan persediaan devisa emas ini tak memberikan kontribusi banyak terhadap total cadangan devisa. Pasalnya, kontribusi cadangan emas moneter hanya 3, 67% dibanding total cadangan devisa.  

“Dengan kontribusi yang relatif rendah tersebut, maka emas bukanlah yang menjadi pendorong utama kenaikan cadangan devisa pada Juli 2020 ke US$ 135, 1 miliar, ” tambahnya.  

Peningkatan cadangan devisa pada bulan lalu yang juga sekaligus ke posisi tertingginya di sepanjang sejarah justru didominasi oleh penambahan nilai surat berharga dengan kemajuan secara 2, 90% mom ataupun setara US$ 3, 28 miliar.

Namun, ke depannya Josua melihat komponen emas moneter belum akan bertambah signifikan lagi. Pasalnya, emas membawa risiko penurunan nilai, makin kalau kondisi ekonomi mulai lazim kembali dalam jangka panjang.  

Sebagai tambahan informasi, monetary gold ini merupakan persediaan emas yang dimiliki oleh otoritas moneter berupa emas batangan yang memenuhi persyaratan internasional tertentu, seperti London Good Delivery (LGD). Selain itu, dengan termasuk monetary gold adalah aurum murni, serta mata uang emas yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

Otoritas moneter yang ingin menambah emas miliknya, bisa menambang emas baru ataupun membeli emas dari pasar, namun harus memonetisasi emas tersebut.

Sebaliknya, otoritas moneter juga bisa melahirkan kepemilikan emas untuk tujuan non moneter, tetapi harus mendemonetisasi aurum tersebut.

Baca Selalu: Seluruh komponen basi devisa Juli 2020 naik, monetary gold sumbang tertinggi

DONASI, Bisa Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
CADANGAN DEVISA

gong13deng –>