Categories
Data

Cacah jiwa September 2020, ini dia pembagian 3 zona pendataannya

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto KONTAN. CO. ID - JAKARTA. Setelah menghelat sensus penduduk (SP) online, Pranata Pusat Statistik (BPS) saat itu tengah mengadakan sensus penduduk secara terjun langsung ke lapangan.

Reporter: Widara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Sesudah menghelat sensus penduduk (SP) online, Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini tengah mengadakan sensus warga dengan terjun langsung ke lapangan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, bola lampu 1 September 2020 lalu, BPS telah menurunkan 190 ribu aparat sensus ke seluruh daerah di Indonesia untuk melakukan pencacahan dalam lapangan.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam Instagram resmi BPS @bps_statistics, nantinya akan ada pembagian daerah pendataan lapangan sensus penduduk.

Baca Juga: Sensus penduduk kembali dihelat, BPS pastikan petugas patuhi protokol kesehatan tubuh

“Terdapat 3 zona wilayah dalam cacah jiwa September. Setiap zona memiliki mekanisme spesifik untuk memudahkan petugas sensus masa melakukan pendataan lapangan, ” tulis BPS dalam unggahannya tersebut.

Terperinci, zona pertama adalah zona drop off pick up. Dalam kawasan ini, berarti pengisian kuesioner dengan mandiri oleh penduduk. Petugas akan memberikan kuesioner ke rumah warga ( drop off ), memberi waktu untuk memasukkan pertanyaan, lalu akan mengambil mungil ( pick up ).

Zona kedua adalah daerah non drop off pick up. Dalam zona ini, penduduk tidak melakukan pengisian kuesioner. Petugas sensus akan melakukan verifikasi lapangan & konfirmasi keberadaan seluruh keluarga serta penduduk secara door-to-door bersama pemimpin atau pengurus SLS.

Zona ketiga adalah zona wawancara. Da, am zona ini, pendataan penduduk dikerjakan dengan cara wawancara oleh petugas sensus. Seluruh masyarakat dan segenap penduduk akan didatangi door-to-door oleh petugas sensus.

Baca Juga: ​Sensus Penduduk September 2020, ini cara kenali petugas yang datang ke rumah

Akan tetapi, Suhariyanto juga sebelumnya menekankan kalau karena kendala dan situasi Covid-19 yang sedang berlangsung, maka pengajuan pertanyaan akan dengan cepat, khususnya pada zona yang terpantau banyak dengan terkena Covid-19.

Lebih lanjut, BPS juga memastikan kalau seluruh petugas sensus akan mematuhi protokol kesehatan tubuh dalam menjalankan tugasnya. Petugas banci akan mengenakan masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, serupa akan melakukan jaga jarak masa bertemu dengan responden.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai sokongan yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
SENSUS PENDUDUK

gong9deng –>