Categories
Data

Boleh mudik lokal Jabodetabek, ini kaidah bawa penumpang mobil

Sumber: Kompas. com | Editor: S. S. Kurniawan LANGSUNG. CO. ID - JAKARTA. Saat Lebaran nanti, warga yang tinggal di Jabodetabek bisa melakukan mudik lokal. Tapi, masyarakat harus sadar risiko kesehatan di tengah wabah virus corona baru.

Sumber: Kompas. com | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Era Lebaran nanti, warga yang status di Jabodetabek  bisa melakukan mudik lokal. Tapi, masyarakat harus ingat risiko kesehatan di tengah epidemi virus corona baru.  

Dirlantas Poda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Kepolisian tak bisa melarang orang-orang yang berpergian dalam jarak dekat pada Jabodetabek pada masa pandemi virus corona.  

“Dalam mudik lokal di Jabodetabek, misalnya, itu kami tidak bisa melakukan penindakan sebab tugas kami hanya melakukan soal aturan PSBB saja, ” sirih Sambodo dalam konferensi video belum lama ini.  

Meski tidak ada penindakan bagi yang melakukan mudik lokal, Sambodo mengimbau asosiasi untuk tidak pergi mengunjungi ahli yang masih satu kawasan atau aglomerasi.  

Baca Juga: Mulai keadaan ini, melanggar PSBB di Jakarta bisa dikenakan denda hingga Rp 50 juta

Sebab, mudik lokal berpotensi membuat orang yang terjangkit virus corona meningkat drastis. Padahal, beberapa negara tetangga saat ini sudah mulai menunjukkan penurunan kasus.  

Tengah bagi pengguna mobil yang ingin melakukan mudik lokal, seluruh penumpangnya wajib menggunakan masker. Tapi dengan tak kalah penting adalah pengaturan posisi tempat duduk di dalam kabin yang harus menerapkan physical distancing.  

Skema posisi berkendara yang berlaku selama PSBB terbagi 3 jenis: mobil dua baris, tiga baris, dan empat baris. Untuk mobil dua baris, maksimal berisi tiga penumpang dengan posisi mulia pengemudi dan dua penumpang pada belakang.  

Lalu, mobil tiga baris, batasnya empat penumpang secara skema satu pengemudi, dua penumpang di baris kedua, dan mulia penumpang di baris ketiga. Selanjutnya, bagi mobil empat baris, suntuk mengangkut enam orang.  

Baca Juga: Penerapan PSBB Depok diperpanjang had 26 Mei 2020

Penulis: Dio Dananjaya

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan judul “Begini Aturan Bawa Pengikut Mobil Saat Mudik Lokal di Jabodetabek”


–> Video Pilihan gong20deng –>
PENGARUH VIRUS CORONA

gong20deng –>