Categories
Data

4 Cara tidur nyenyak terbaik yang bisa Anda coba

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.  Tidur adalah salah satu kegiatan dengan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Anda cenderung kekurangan energi & sulit berkonsentrasi saat kualitas terbaring kurang maksimal. Untuk menghindari situasi itu, cara tidur nyenyak berikut ini perlu Anda coba.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA.   Tidur adalah satu diantara kegiatan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Anda cenderung cacat energi dan sulit berkonsentrasi saat kualitas tidur kurang maksimal. Untuk menghindari hal itu, cara rebah nyenyak berikut ini perlu Anda coba.

Kurangi Cahaya dan Suara

Mayo Clinic (mayoclinic. org) menyebutkan bahwa cahaya serta suara adalah dua faktor istimewa yang berpengaruh pada kualitas serta kuantitas tidur. Usahakan untuk rebah di ruangan dengan cahaya redup atau gelap supaya otak memproduksi hormon melatonin secara maksimal.

Melatonin adalah salah satu jenis hormon yang berlaku untuk memberikan ketenangan pada tubuh. Selain mengatur cahaya ruangan, terang yang keluar dari gawai Kamu juga berpengaruh pada kualitas tidur. Maka dari itu, cobalah untuk tidak bermain ponsel atau menonton TV sebelum tidur.

Atur Kegiatan Relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi sebelum rebah secara rutin bisa jadi jalan tidur nyenyak. Hal itu melaksanakan tubuh dan otak Anda bersiap untuk istirahat secara otomatis. Beberapa kegiatan relaksasi sebelum tidur yang bisa Anda lakukan adalah peregangan, meditasi, membaca buku, atau menulis jurnal.

Baca Selalu: Sering tidur lebur malam? 5 Efek begadang tersebut bisa Anda rasakan

Kelola Stres dengan Baik

Stres yang Anda rasakan sangat berpengaruh terhadap kemampuan Anda untuk mudah tidur dan kualitas tidur Anda. Jika stres tak dikelola dengan baik, Anda bisa mengalami kebingungan dan masalah mental lainnya.

Kejadian tersebut tentu saja tidak bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, cobalah buat mengelola stres dengan baik. Tersedia banyak hal yang bisa Kamu coba untuk mengelola stres yang Anda rasakan. Misalnya, melatih fotosintesis, menghirup aromaterapi, meditasi, menulis buku harian, dan lain sebagainya.  

Bila kegiatan itu tak mampu menyenangkan stres, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menyarankan hal yang lebih tepat dan efektif supaya Anda dapat mengatur stres dengan baik.

Baca Serupa: Tak perlu obat, inilah 4 cara mengatasi suram tidur yang bisa Anda coba

Persiapkan Perlengkapan Rebah

Cara tidur nyenyak selanjutnya yang disarankan Mayo Clinic adalah secara memakai perlengkapan tidur yang damai. Anda bisa memilih tempat rebah, guling, bantal, dan pakaian terbaring yang enak dipakai untuk membuang letih. Dengan begitu, kualitas tidur Anda akan meningkat.

gong2deng –>

Editor: Belladina Biananda